Rabu

Cerita Sejarah Keris Naga Runting

 Cerita Sejarah Keris Naga Runting

Keris Naga Runting, Keris Sakti Nan Elegan serta Penuh Keindahan.Keris Naga Runting mempunyai memiliki bilah berupa naga dengan gagang yang berupa manusia. Konon,Keris Naga Runting adalah satu diantara senjata Prabu Siliwangi,Keris Naga Runting terbuat dari bilahan paku emas yang ditempa sepipih mungkin saja serta dirajah dengan dengan pahatan kepala dan ekor ular yang dimoncongkan mulutnya ke depan berkelok.Juga sebagai koleksi pajangan sendiri serta kepentingan yang lain.sangatlah indah serta mempunyai nilai seni sendiri.Keris Naga Runting,Keris Sakti Pusaka Prabu Siliwangi. 
Menurut Pemiliknya yang akrab di panggil dengan Mbah Soleh (67 thn),Keris Naga Runting yang dipunyainya adalah pemberian dari kakek buyutnya tetapi ia tak tahu dari tempat mana kakeknya memperoleh keris Naga Runting itu.Mbah Soleh,Pria Kelahiran Pasuruan Jawa Timur yang mulai sejak kecil menetap di Cirebon juga menjelaskan bahwa dianya diamanati oleh kakeknya untuk menjaga keris Naga Runting itu,serta menurut kakeknya keris Naga Runting yaitu satu diantara senjata Prabu Siliwangi. 
“keris ini pemberian kakek buyut saya yakni bapak dari kakek saya pada saat saya masih tetap berumur 17 th..Kakek buyut saya bernama Abdul Karim.Saya sendiri tak tahu kenapa kakek buyut saya menyerahkan keris ini pada saya serta meminta saya untuk merawatnya,mengapa bukanlah pada kakek saya atau bapak saya.Ya kurang lebih satu bulan saat sebelum kakek buyut saya meninggal dunia.Kakek buyut saya meninggal dunia di umur kurang lebih 145 th..Kata kakek buyut saya,keris Naga Runting ini adalah satu diantara senjata pusaka Prabu Siliwangi”,papar Mbah Soleh pada infomistik waktu didapati di tempat tinggalnya di Cirebon,Jawa Barat,Ahad 22/09/2013. 
Di tanya tentang manfaat atau manfaat atau keampuhan keris Naga Runting itu, Mbah Soleh menyampaikan bahwa Keris Naga Runting tidaklah senjata umum tetapi senjata pusaka yang mempunyai tuah seperti senjata bertuah beberapa raja biasanya. 
“Mengenai manfaat atau keampuhannya,keris Naga Runting ini tentu sangatlah ampuh lantaran adalah senjata pusaka raja.Yang pasti untuk kewibawaan serta kesaktian mas”,terang Mbah Soleh. 
“Menurut narasi kakek buyut saya,di saat kejaan kerajaan Galuh Pajajaran, Prabu Siliwangi atau Prabu Munding Wangi,beliau sangatlah percaua bakal kedahsyatan paku emas.Beliau juga tidak tanggung-tanggung untuk mencari beberapa pertapa ataupun mpu sakti dan linuwih,untuk membuat senjata tentukan tanding yang berbentuk tidak terkalahkan,yang terbuat dari paku emas. Diantara senjata Prabu Siliwangi yang tidak tertandingi itu yaitu Keris Naga Runting terbuat dari bilahan paku emas yang ditempa sepipih mungkin saja serta dirajah dengan dengan pahatan kepala dan ekor ular yang dimoncongkan mulutnya ke depan dengan luk 13 berkelok”.Lebih Mbah Soleh. 
Paku emas yaitu satu benda sakral yang memiliki bermacam jenis karakter.Paku emas di buat serta dibuat oleh seseorang dewa bernama Brahmana guru,juga sebagai simbol bakal manusia yang memiliki karakter mulia,bijak,dan jujur.Di antara maraknya kedahysyatan dan kesaktian paku emas,beberapa wali juga pernah membuatnya.Juga sebagai satu hidayah bakal keberkahan alam dari Sang Pencipta semesta. 
Disamping itu,ditempat terpisah ki Djarwo,pakar pusaka yang tinggal di Yogyakarta menyampaikan bahwa mungkin saja benar bahwa Keris Naga Runting memanglah adalah satu diantara senjata andalan Prabu Siliwangi.
Disqus Comments